4 Jenis Seafood Ini Harus Dikurangi Jika Punya Kolesterol

Mengkonsumsi makanan seafood memang banyak di gemari semua orang. Akan tetapi 4 jenis seafood ini harus di kurangi jika anda mempunyai kolesterol tinggi.

Makanan seafood memang sangat nikmat sekali. Namun, bagi anda yang memiliki kolesterol harus sangat di waspadai. Karena penderita kolesterol tinggi saat mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, jika di biarkan terus menerus bisa menyebabkan resiko penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Kolesterol di dalam tubuh memang sering di akibatkan karena menumpuknya lemak jenuh yang di hasilkan dari makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi. Makanan yang mengandung banyak lemak tinggi memang bukan untuk di hindari tetapi harus di kurangi lagi dengan menggantikannya dengan makanan penurun kolesterol yang mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Banyak di antara kita yang masih belum memahami jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi, sehingga mereka terbiasa untuk mengkonsumsinya setiap hari. Padahal hal ini akan sangat berbahaya bagi sejumlah kesehatan. Maka dari itu kita harus mengetahui 4 jenis seefood yang harus di kurangi jika punya kolesterol. Makanan apasajakah berikut penjelasannya :

  • Udang

Siapa sih yang tidak tahu dengan udang yang memiliki daging yang sangat enak ? Meskipun rasanya enak, bagi penderita kolesterol tinggi, jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsinya. Kenapa ? Karena di dalam udang memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Biasanya di dalam satu porsi udang yang terdiri dari 15 udang yang berukuran besar, mengandung kolesterol sebanyak 155 mg.

  • Lobster

Seefood yang kedua yang harus di kurangi yaitu lobster. Di dalam 3 ons daging lobster memiliki 61 mg kolesterol, cukup besar bukan ? Nah untuk anda penderita kolesterol, jika ingin mengkonsumsi udang sebaiknya jangan menggorengnya dengan menggunakan minyak dan mentega. Karena hal itu bisa menambah kolesterol lebih tinggi. Sebaiknya gunakan metode pengolahan lain seperti di bakar.

  • Kepiting

Seafood selanjutnya yang harus dikurangi yaitu kepiting. Karena kepiting juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Di dalam 3 ons daging kepiting mengandung kolesterol sebanyak 71 mg. Sama halnya dengan lobster, jika ingin mengkonsumsinya lebih baik dengan cara membakarnya saja.

  • Tiram dan Kerang

Kelompok seafood tiram dan kerang juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi juga. Dari 6 tiram yang berukuran sedang mengandung kolesterol sebanyak 58 mg. Jenis seefood ini merupakan jenis kolesterol yang lebih rendah di bandingkan dengan udang dan lobster. Akan tetapi, di dalam kerang dan tiram mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Sehingga, anda masih bisa menikmatinya di dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Apakah jenis seafod diatas harus benar-benar di hindari bagi penderita kolesterol tinggi ?

Dari beberapa jenis seafood di atas memang mengandung kolesterol tinggi. Namun anda tidak harus benar-benar untuk menghindarinya. Meskipun seafood tersebut mengandung kolesterol tinggi. Akan tetapi, dari sebagian seafood tersebut juga mengandung asam lemak omega 3 yang bisa melindungi kesehatan jantung anda. Bagi penderita kolesterol, yang sebaiknya di lakukan yaitu membatasinya bukan menghindarinya.

Satu hal lagi yang sangat penting anda lakukan yaitu memperhatikan metode memasak yang di gunakan untuk mengolah seafood. Cara mengolahnya juga bisa memengaruhi kandungan kolesterol di dalam hidangan seafood anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *