WASPADALAH !! Gejala Tipes Pada Anak Yang Bisa Membahayakan

gejala tipes pada anak

Si kecil sering demam tinggi ? Waspadalah, itu bisa menjadi gejala tipes pada anak. Anda selaku orang tua harus benar-benar bisa menjaga anak anda dari serangan yang membahayakan. 

Tipes merupakan salah satu penyakit yang cukup bahaya, apalagi ketika tipes terjadi pada anak-anak. Seperti yang kita ketahui, bahwa anak-anak masih belum paham dan mengerti sesuatu yang bisa memicu penyebab timbulnya beberapa penyakit yang akan menyerang pada mereka.

Untuk itu, kita sebagai orang tua harus benar-benar bisa mewaspadainya. Apalagi saat anak terkena penyakit tipes yang bisa membahayakan nyawa seorang anak tersebut.

Apa Yang Di Maksud Tipes ?

Tipes adalah satu penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera melakukan penanganan yang sangat tepat. Karena penyakit tipes ini muncul akibat dari infeksi menular yang di sebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella Typhi. Jika anak anda terserang bakteri tersebut dan mengganggu pencernaan di dalam tubuh nya, jika tidak segera di obati, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kematian yang di sebabkan komplikasi tipes yang semakin parah.

Apa Penyebab Tipes Pada Anak ?

Pada umumnya penyebab penyakit tipes yaitu dipicu oleh bakteri Salmonella Typhi yang menyerang sistem pencernaan di dalam tubuh. Bakteri Salmonella biasanya sering hidup di dalam air yang telah terkontaminasi dengan feses dan akan menempel pada makanan atau minuman yang biasa anak anda konsumsi pada saat jajan sembarangan. Selain dari makanan atau minuman yang kurang bersih, penyakit ini juga bisa di sebabkan oleh sanitasi yang cukup buruk. Tipes juga bisa menular secara langsung lewat kontak langsung dengan orang yang sudah terkena atau terinfeksi bakteri tersebut.

Bakteri Salmonella yang masuk ke saluran usus kemudian akan berkembang biak dan akhirnya akan merusak dinding usus. Bahkan setelah itu bakteri-bakteri yang sudah semakin berkembang akan masuk ke dalam saluran limfa sehingga bisa masuk ke pembuluh darah. Dan proses tersebut biasanya akan memakan waktu selama 24 jam hingga 27 jam.

Lalu setelah itu, apa yang akan terjadi bunda-bunda ? Nah, setelah proses selama beberapa jam tadi, bakteri yang berkembang akan semakin menyebar pada pembuluh darah dan akhirnya akan menimbulkan gejala tipes pada anak. Dan yang paling umum terjadi adalah gejala demam yang akan semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Gejala Tipes Yang Harus Di Waspadai

Gejala sakit tipes pada anak mungkin menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya untuk kesehatan serta kelangsungan hidup. Apalagi saat penderita tidak pernah mendapatkan penanganan yang cukup efektif.

Biasanya gejala tipes pada anak akan mengalami demam tinggi dan juga sakit kepala. Lalu kondisi lainnya juga bisa di sertai dengan masalah pada pencernaan seperti sakit perut, diare, bahkan sulit untuk buang air besar. Yang lebih berbahayanya lagi yaitu jika gejala tipes pada anak tersebut sudah semakin parah. Karena penderita tipes bisa membuat jatuh pingsan pada penderitanya.

Beberapa gejala tipes diatas bisa disalah pahami dengan gejala penyakit yang lainnya. jadi, sebaiknya anda segera bawa penderita ke dokter untuk memastikan apakah penyebab gejala tersebut.

Apa Akibatnya Jika Penyakit Tipes Tidak Segera Di Obati ?

Gejala tipes pada anak harus segera di obati dari sejak dini. Karena jika tidak, bisa membiarkan komplikasi bahaya yang lainnya. Seperti akan semakin memburuk, yang di tandai dengan menurunnya berat badan secara drastis, perut kembung, peningkatan suhu demam, diare yang parah sehingga sampai dehidrasi, dan masih banyak yang lainnya.

Komplikasi yang lebih berbahaya yang juga bisa muncul dari infeksi tipes adalah masalah paru-paru dan juga jantung, seperti pleuritis, pneumonia, dan miokarditis (peradangan otot jantung). Ketika gejala tipes pada anak sudah semakin parah dan berkembang lebih serius. Usunya akan mengelami pendarahan dan berlubang. Di dalam dunia medis, kondisi ini di sebut dengan sebagai perforasi usus. Kondisi ini bisa menyebabkan peritonitis yaitu infeksi pada jaringan yang melapisi bagian dalam perut. Peritonitis merupakan kondisi gawat darurat yang bisa mengancam jiwa.

Sebelum semua itu terjadi, sebaiknya orang tua harus lebih bisa menjaga anaknya agar tidak terkena virus yang mematikan itu. segera atasi dengan melakukan pengobatan serta pencegahan dengan obat tipes yang ampuh, guna agar bisa membunuh semua bakteri yang telah masuk ke dalam tubuh anak. Sehingga tubuh anak akan tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *